Header Ads

Header ADS
AKHLAKUL KARIMAH






Assalamualikum....
lama rasanya gak posting diblog ane ini..
pada postingan kali ini ane akan membahas tentang "AKHLAK" .
 Akhlak adalah pilar penting dalam hidup kita setelah tauhid atau keimanan...ketika seorang manusia berjalan diatas permukaan bumi ini tanpa akhlak..maka kehidupannya pun tidak akan sempurna atau bahkan menjadi sumber pergunjingan dan cacian.
 Karena akhlak itu dekat sekali dengan aktifitas yang kita lakukan sehari-hari maka ia akan menjadi tolok ukur pertama seseorang dalam mengenal kita..

Dewasa ini, keterpurukan akhlak manusia dikarenakan ketidak pedulian manusia akan nilai nilai kebaikan. ketika nilai kebaikan yang telah diajarkan oleh Allah SWT tidak begitu kita minati maka kemunduran ketauhidan dan penanaman Akhlak akan mudah saja terjadi.

Dalam penanaman Akhlak ini lebih baik dan utamanya di tanamkan sejak dini dengan memberikan nasehat dan contoh. hal ini dapat dilakukan dilingkungan pendidikan formal, maupun non formal. serta penanaman yang paling mudah dilakukan dan sangat penting adalah tugas orang tua dan keluarga.

Nabi Muhammad SAW beliaupun bersabda bahwa "
"Sesungguhnya orang yang paling aku cintai dan paling dekat kedudukannya dengan majelisku pada Hari Kiamat nanti adalah orang yang paling baik akhlaknya. Sebaliknya, orang yang aku benci dan paling jauh dari diriku adalah orang yang terlalu banyak bicara (yang tidak bermanfaat, pen.) dan sombong." HR at-Tirmidzi).

Umat manusia dizaman sekarang ini mereka lebih menonjolkan kecerdasan, kesuksesan dan kekayaan  Paradigma ini sungguh sangat mengganggu proses penanaman Akhlakul Karimah dalam diri manusia.  sebenarnya jika mereka mau dan bersedia sadar sangat sangatlah merugi hal itu di unggul-unggulkan. 

Sahabat sahabat saya seiman seagama yang baik hatinya sudahkah anda berfikir...Y..Allah kapan terakhir saya berbahasa lembut atau bersopan santun dengan orang yang lebih tua dan orang tua kita..sudahkah kita berfikir untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan sopan????

Coba anda fikirkan hal diatas...

Selama ini sudahkah engkau menghargai orang lain,,

Untuk bahan renungan kita simaklah beberapa hadis rosul dibawah ini:

1.   Dari Abu Ad-Darda' radiyallahu 'anhu; Rasulullah sallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
     «مَا مِنْ شَيْءٍ يُوضَعُ فِي المِيزَانِ أَثْقَلُ مِنْ حُسْنِ الخُلُقِ، وَإِنَّ صَاحِبَ حُسْنِ الخُلُقِ لَيَبْلُغُ بِهِ دَرَجَةَ صَاحِبِ الصَّوْمِ وَالصَّلَاةِ» [سنن الترمذي: صحيح     ]
Tidak ada sesuatu yang diletakkan pada timbangan hari kiamat yang lebih berat daripada akhlak yang mulia, dan sesungguhnya orang yang berakhlak mulia bisa mencapai derajat orang yang berpuasa dan shalat. [Sunan Tirmidzi: Sahih]


2. Rasulullah SAW bersabda,"Sesungguhnya orang yang paling aku cintai dan paling dekat kedudukannya dengan majelisku pada Hari Kiamat nanti adalah orang yang paling baik akhlaknya. Sebaliknya, orang yang aku benci dan paling jauh dari diriku adalah orang yang terlalu banyak bicara (yang tidak bermanfaat, pen.) dan sombong." HR at-Tirmidzi).

3. Baginda Rasulullah SAW menyebut sejumlah keistimewaan akhlak mulia ini. Saat beliau ditanya tentang apa itu kebajikan (al-birr), misalnya, beliau lansung menjawab, "Al-Birr husn al-khulq (Kebajikan itu adalah akhlak mulia." (HR Muslim).

4. Dari Abu Umamah radiyallahu 'anhu; Rasulullah sallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
«أَنَا زَعِيمٌ بِبَيْتٍ فِي رَبَضِ الْجَنَّةِ لِمَنْ تَرَكَ الْمِرَاءَ وَإِنْ كَانَ مُحِقًّا، وَبِبَيْتٍ فِي وَسَطِ الْجَنَّةِ لِمَنْ تَرَكَ الْكَذِبَ وَإِنْ كَانَ مَازِحًا وَبِبَيْتٍ فِي أَعْلَى الْجَنَّةِ لِمَنْ حَسَّنَ خُلُقَهُ» [سنن أبي داود: حسن]
Saya menjamin sebuah rumah tepi surga bagi orang meninggalkan debat sekalipun ia benar, dan sebuah rumah di tengah surga bagi orang yang tidak berbohong sekalipun hanya bergurau, dan rumah di atas surga bagi orang yang mulia akhlaknya. [Sunan Abi Daud: Hasan]



5. Dari Jabir bin Samurah radiyallahu 'anhu; Rasulullah sallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
"
إِنَّ أَحْسَنَ النَّاسِ إِسْلَامًا، أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا " [مسند أحمد: صحيح]
Sesungguhnya orang yang paling baik keislamannya adalah yang paling baik akhlaknya. [Musnad Ahmad: Sahih]


7. Dari Abu Hurairah radiyallahu 'anhu; Rasulullah sallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
لن تسعوا الناس بأموالكم ولكن يسعهم منكم بسط الوجه وحسن الخلق [مسند البزار: حسنه الألباني]
Kalian tidak akan mempu memberi kepada semua orang dengan hartamu, akan tetapi kamu bisa memberi kepada semua orang dengan senyuman dan akhlak mulia. [Musnad Al-Bazzar: Hasan]



Demikianlah artikel singkat dari ane ..semoga dapat sedikit banyaknya membuka hati nurani kita bahwa ada hal penting yang selama ini kita abaikan....

Wassalamualaikum...

Salam Cinta Islam...

 

Tidak ada komentar

Postingannya Gan Jangan Lupa biar AFDOL gitu....

Diberdayakan oleh Blogger.